Message in A Bottle

Thursday 15 May 2008

Gue mulai dengan pendapat gue tentang film ini. Film yg klasik dan era tahun 90an ini membuat gue berfikir untuk menjadikan film ini sebagai film favorit kedua gue setelah A Walk to Remember yang bikin gue terinspirasi sedari dulu. Persamaannya, film ini sama-sama ngambil dari novel yang ditulis oleh Nicholas Sparks. One of my favourite authors. Menurut gue Sparks bener-bener brilian. Hehe. Dia bisa bikin orang terbawa arus jalan ceritanya dengan sangat dalam. Setiap detik cerita yang dia bikin. Gue ngga tau apakah dia emang spesialis cerita yg “touching” gitu atau emang dia memiliki kisah yg sama dengan apa yg ditulisnya sampe-sampe tuh cerita bener-bener bisa bikin orang terhanyut. Hahaha mulai curiga gue. Jujur gue memang belum tahu secara mendalam mengenai Nicholas Sparks. Tapi karya-karya yg dia bikin selama ini baru 3 yg gue baca, setelah A Walk to Remember, trus The Notebook, dan ini Message in a Bottle yg filmnya bikin gue meneteskan air mata untuk yg kesekian kalinya menonton film ini! Haha. Eh ngga sih, baru 2 kali nonton sih hehe. Sebenernya ada satu lagi bukunya di rumah, A Bend in The Road apa kalo ga salah, kayak judulnya Boys II Men yah hehe. Tapi gue belum pernah baca dari betahun-tahun buku itu ada di rumah gue hehehe. Ntar deh ya. Tadi pas gue nonton Thomas Cup Indonesia vs Inggris di Trans TV, pas Sonny Dwi Kuncoro main di set 1 lawan Andrew Smith, dan skor Indonesia udah mulai tertinggal, gue jadi nyosss dan kesel sendiri hehe. Jadi daripada gue banting tuh remote tv, mendingan gue liat-liat chanel lain ;) pas gue buka trans7, lagi mulai introduction dari film yg awal-awalnya aja udah bikin gue “kayaknya bakal ada film bagus nih!” dan gue benar, gue pun terhanyut, padahal baru muncul laut yg bergejolak bgt ombaknya, trus nama-nama behind the movienya mulai muncul dan makin lama gue amat curious sm nih introduction. Kayaknya gue melihat nama-nama yg begitu familiar ini. Pas gue liat “Based on the novel by NICHOLAS SPARKS…” wuaaaaaa! Gue langsung ganti ke trans TV dan liat Thomas Cup ternyata Sonny di ujung kekalahan pada set 1, akhirnya gue memutuskan untuk kembali ke trans7 hehehe. Trus mulai muncul tangan orang megang jendela pesawat, yg ternyata itu adalah tangannya si Jesse. Theresa’s son. Dari situ gue mulai sadar, kayaknya gue udah pernah nonton nih film. Tapi gue lupa apa. Gue mulai berspekulasi macam2 mengingat2 apa aja karyanya Sparks. A Walk to Remember? Ngga mungkin. Mana ada pesawat. The Notebook. Ahh ngga ah kayaknya. Message in a bottle. Nahh, kayaknya nih. Dan pas gue terus ngikutin nih film, bener aja, ada adegan yg sangat gue inget ketika gue pertama kali menonton, yaitu pas si Theresa lari pagi tur pelabuhan dengan baju yg berkeringat trus dia menemukan BOTOL! Hahaha. Bukan, bukan jin botol. Tepatnya ada surat di dalem botolnya dan dia mulai membacanya. Sangat jelas bukan kalau itu Message in a bottle? Iyalah, apalagi? Masa notebook in a bottle? Mana muat! Haha ngga lucu. Gue terus terhanyut sm tuh film sampe-sampe gue melupakan Sonny Dwi Kuncoro. Hehehe. Sekali lagi rasa nasionalisme gue teruji saat itu juga. Dilema antara kesetiaan gue pada Indonesia. Atau kesetiaannya si Garret Blake yg bikin gue terinspirasi. Hahaha gampang terinspirasi! Akhirnya guna menambah stimulan akan rasa nasionalisme gue, tiap iklan, gue ganti deh tuh ke Thomas Cup. Hah? Sekarang yg gue liat si Sonny lagi unggul. Hhhff tenanglah gua. Hehe. Gue sangat suka dengan ini cerita kenapa? Karena sangat berharga banget buat diambil pelajaran. Tsssaahh. Beneran. Gue jg agak kurang mengerti dengan kekhasan dari tiap cerita yg Sparks bikin, salah satunya yang gue liat dari setiap ceritanya adalah KESETIAAN. Really. Ketika Landon terinspirasi oleh Jamie yg membuat jalan hidupnya berubah hingga ia bener-bener jd dokter dan tidak pernah menikah lagi untuk selamanya padahal istrinya itu udah ninggalin dia semenjak dia berumur 18 tahun. Ckckck. Di The Notebook juga gitu agak similar. Trus ketika Garret Blake yg juga sangat setia mencintai istrinya yg lg sekarat sampe-sampe nulis surat yg dia masukkin ke botol dan dia kirim ke laut. Dan ketika istrinya meninggal, dia menulis surat yg mengatakan bahwa ia menyesal karena tidak bisa menjaga istrinya dan surat itupun jatuh ke tangan si Theresa yg lagi menyendiri setelah perceraiannya dengan David. Gue sangat terenyuh ketika adegan Garret pergi dari rumahnya Theresa hujan-hujan karena ia menyimpulkan dirinya adalah bagian dari penelitian yg dilakukan oleh Theresa si wartawan mengenai surat-surat yg ia tulis di dalem botol yg bikin orang-orang Chicago ikutan terhanyut ketika membaca surat tersebut yg dimasukkin ke koran. Padahal Theresa ngga bermaksud buat memanfaatkannya walaupun ia sempet takut hal itu akan terjadi. Dan memang telah terjadi. Haha. Dan gue mulai berkaca-kaca pas adegan Garret berantem sm Doug, ayahnya di depan restoran. Ih gila yah, orangtua tuh emang bener-bener deh, instingnya kuat ;) dan sedih banget pas Garret lagi nolong orang di tengah laut pas dia berlayar lagi badai-badainya. Setelah itu diketahui bahwa, dia meninggal. Aaaaaahh tragis. Abistu gue nangis deh pas Theresa dapet telfon dari Doug. Trus gue semakin netes pas Theresa baca surat yg dibikin Garret sehari sebelum dia meninggal buat Catherine almarhum istrinya yang mengatakan bahwa, dia mau berlayar ke Chicago saat itu untuk memenangkan cintanya ke Theresa, orang yg bener-bener bisa bikin dia merasakan cinta lagi setelah kehilangan Catherine! Ih nyebelin banget yah. Dari situ gue mulai was-was takut ketauan sm nyokap gue kalu gue nangis nonton film itu. Hahaha malu bok ;) trus gue ganti deh ke trans TV dan lagi main deh tuh si Markis Kudo and friend. Hah? Gue lupa, Markis Kudo, apa Markus Kido, apa Sinichi Kudo ya? Pokoknya itulah, kebolak-balik gua. Abistu gue ke kamar mandi, bukan nangis, tp pipis. Hehehe. Ada lagi yg gue tangkep cerita khas dari Nicholas Sparks, yaitu cinta yg sebenernya nyatu, tapi beda alam. Aaaaahhhhhhh nyebelin tapi amat terpesona gue;) emang bener-bener ada apa orang sesetia itu? Hehehe. Waktu itu gue sempet setuju dengan quotesnya Jackie Kennedy yg bilang kalo dia sangat percaya bahwa ngga ada satu orang suami pun yg bener-bener setia sm istrinya. Dan gue mengartikan dari situ bahwa tanggung jawab. Tanggung jawab yg kadangkala membuat segalanya bertahan. Hhmm. Karena yg namanya perasaan, itu ngga mutlak. Sekali lagi, Nicholas Sparks, he is brilliant! Dia bener-bener bisa bikin tokoh cerita yg sampe saat ini orang macam itu belum pernah gue temui ;)

3 comments:

Anonymous Friday, October 09, 2009 6:23:00 am  

post-nya bagus..
gw juga suka film message in a bottle..

Mayang Rizky Saturday, November 07, 2009 6:28:00 pm  

Terima kasih :
Benar sekali, filmnya bagus, bukunya juga hehe.

Anonymous Saturday, May 26, 2018 12:44:00 am  

The bottle grew to become a household affair.

  © Mayang Rizky The Remedy by Mayang Rizky

Back to TOP