Mama

Friday 30 May 2008


Postingan gue yg sebelum ini, menjelaskan tentang keadaan diri gue sekarang yg sedang sayang-sayangnya banget sm keluarga. Dan gue harap ini terus terjadi sm diri gue sampe kapan pun. Amin. Salah satunya dengan satu anggota keluarga gue, yaitu nyokap. Gue ngga pernah mengalami hal ini sebelumnya, jujur. Di saat sikap gue beda sm nyokap. Gue tersadar ketika nyokap gue jadi sering bepergian ke luar rumah, entah itu cuma ke rumah tetangga, pergi sm tetangga, atau pun ke luar kota. Walaupun sebenernya gue juga seneng banget karena nyokap gue ngga hanya berdiam diri di rumah terus kayak waktu itu. Kalu ngga masak, ya nonton tv, makan, beresin rumah.
Seperti yg akan gue ceritakan, nyokap gue adalah tipe nyokap yg mau ngelayanin anaknya, jujur aja. Maksudnya di sini bukan apa-apa, tapi lebih kepada rela buat melakukan sesuatu demi anaknya, walaupun juga ada bates2 tertentu juga. Dari gue kecil sampe sekarang, dari gue TPA sampe gue les pelajaran, nyokap gue sangat rajin untuk mengantar anaknya. Gue inget banget dulu pas gue masih kecil, umur 6-10 taunan gitu, nyokap gue rela melakukan semuanya mengurusi gue dalam satu minggu 7 hari penuh 24 jam sehari penuh. Waktu itu kegiatan gue emang banyak banget, dari TPA, les nyanyi, les nari, les bhs inggris, les balet, pramuka, sekolah, les modelling (gue ngga pernah malu untuk mengatakan ini semua, karena gue senang dari hal kecil gue udah diajarin buat punya banyak kegiatan yg bermanfaat, hingga akhirnya sekarang gue sadar bahwa hal itu udah ngajarin gue untuk lebih banyak melakukan sesuatu yg bermanfaat bagi sendiri maupun org lain).
Ngga cuma itu aja, gue punya 3 kakak (1 cowo, 2 cewe) yg dari ketiganya itu pula memiliki seabrek kegiatan yg banyak pula sm kayak gue ketika masih kecil. Dan nyokap gue rela mengerjakan itu semua dengan ikhlas. Emang sih pasti dibagi-bagi jg sm bokap gue, cm di sisi lain kan juga bokap gue penopang hidup keluarga pada waktu itu jadinya punya jadwal kerja yg juga musti pinter-pinter nyokap dan bokap gue bagi dalam hal mengurusi anak-anak mereka.
Cuma gue amat tersadar dan mengangguk penuh dengan apa yg orang bilang mengenai kasih ibu sepanjang masa ;)
Sebelum gue mengalami hal ini, gue juga pastinya sering bercekcok dengan nyokap. Walaupun sekarang Alhamdulillah udah jarang dibanding dulu. Kalu dulu, jamannya gue kelas 1-2 SMA nih, yg namanya berantem sm nyokap gue itu udah jadi hal yg rutin. Apalagi di saat gue waktu itu stress dan cape dengan segala kegiatan dan pelajaran di sekolah. Ujung2nya pas sampe rumah gue cm bisa ngebawa hawa jelek ke dalem rumah dengan sering marah2 dan uring2an. Hal itu yg pernah dikatakan sm kakak gue, Galuh. Dan akhirnya gue sadar bahwa tindakan gue itu sangat ngga menyenangkan buat orang-orang di sekitar gue. Semenjak gue kelas tiga pertengahan, ketika gue stop dari segala rutinitas kegiatan yg kadang bikin gue sangat cape walaupun gue sangat bersyukur mendapat banyak pengalaman berharga dlm menjalani itu semua, gue jd lebih sangat sering lagi berdiam di rumah ketimbang pergi. Dan hal itu sangat menyenangkan buat gue. Ketika bel pulang sekolah, satu-satunya yg ada di pikiran gue adalah, gue pengen di rumah terus, sm keluarga gue.
Saat itu, nyokap gue lagi sering pergi ke luar rumah, entah pergi belanja sm ibu-ibu ataupun ke luar kota. Dan gue pengen cerita pada saat nyokap gue ke luar kota waktu itu selama 2 minggu lebih, gue merasa kangen bgt2an. emang sih komunikasi terus lancar, karena nyokap gue tetep mengontrol kondisi anaknya di rumah, akhirnya pada waktu itu, gue menutup balasan sms gue buat nyokap dengan menyebutkan "I Love You ;)"
Hhhm mungkin buat kalian semua itu merupakan hal yg sudah biasa, tp jujur aja di dalam keluarga gue, khususnya gue yg emang sangat cuek, sangat jarang melakukan hal seperti itu. Makanya ketika hal spontan itu gue lakukan, gue yakin nyokap gue sangat kaget. Dan gue tersenyum sendiri setelah itu.
Entah kenapa waktu itu gue bener-bener lega mengatakan itu semua. Gue jadi mengingat-ingat kembali ketika jaman gue selalu berantem, ngebantah, kesel, sm nyokap gue. Astaghfirughllahalhadzim. Dan itu bikin gue nangis dengan amat sangatnya pada waktu itu. Hehe malu gua. Akhirnya ketika nyokap gue pulang, gue peluk dia pas dia ngejemput gue les. Hehe.
Dan hingga sekarang, ngga akan lagi deh gue mengecewakan nyokap. Dan apa yg gue lakukan ini semua sebenernya cm satu, ini semua buat nyokap gue.
Seperti yg diketahui, nyokap gue sekarang emang lg sakit, diabetes tepatnya. Dan gue jd suka miris karena diabetes kan penyakit yg suka bikin orang jd nafsu makannya lebih banyak dan nyokap gue sering ngeluh dengan kakinya yg suka kambuh sakit. Tapi gue sangat bersyukur sampe sekarang nyokap gue masih bisa melakukan banyak hal. Walaupun gue tau dia suka sakit2an. Kadang gue suka kasian aja gitu sm nyokap gue kalu dia makannya jd banyak bgt hehe, yg ujung2nya akhirnya gue ikutan makan juga deh. Jd jgn heran bagi yg udah lama ngga ketemu sm gue, gue berubah bentuk jadi sangat teramat gendut, sebenernya gue ngga nyalahin nyokap gue juga, gue ngga pernah kecewa dengan perubahan gue ini hehe, justru hal ini jd becandaan aja di kala penat ;)
Diabetes emang udah jadi penyakit keturunan di silsilah keluarga gue, baik itu di keluarga nyokap ataupun bokap. Dan gue yakin, salah satu atau beberapa dari gue dan kakak2 gue pasti ada yg jadi penerusnya hehe. Yaudahlah, toh selama masih bisa dicegah ya usaha aja.
Bukan karena nyokap gue sakit lantas gue jadi lebih perhatian dan penyayang sm keluarga. Tapi lebih tepatnya munculnya kesadaran akan kehilangan waktu yg berharga yg seharusnya bisa gue gunakan dari dulu buat lebih perhatian sm keluarga.
Dan gue harap sampe kapan pun gue bisa terus merasakan hal ini. Amin.

2 comments:

Anonymous Saturday, May 31, 2008 3:00:00 pm  

foto nyokap lo artistik may, hehe
hidup mama! :) -lia

Mayang Rizky Sunday, June 01, 2008 11:52:00 pm  

samalah kayak anaknya, hahahahahaha najis

  © Mayang Rizky The Remedy by Mayang Rizky

Back to TOP